Sunday, April 05, 2020

Pengenalan Enterprise Resource Planning

Pada saat validasi kurikulum beberapa tahun yang lalu, ada permintaan dari pihak industri sebagai salah satu stake-holder sekolah untuk menyiapkan keterampilan siswa terutama dalam hal pengenalan sistem. Sistem yang dimaksud adalah sistem yang digunakan oleh pihak industri dalam mengelola proses bisnis mereka.



Hal ini membuat kami berpikir, tentunya mereka perlu memiliki keterampilan ini tapi memberikannya dalam bentuk pembelajaran teori yang hanya berkutat pada teks tanpa praktek akan sangat sulit karena materi ini termasuk materi tingkat lanjut sehingga dampaknya belum tentu mengena ke siswa. Artinya pola belajar dengan ceramah akan menjadi suatu ilmu yang berhenti di ranah "mengetahui" dan tidak masuk ke ranah "memahami".

Bergerak dari pemikiran tersebut kami menyiapkan pembelajaran praktek ERP (Enterprise Resource Planning). Harapannya dengan cara simulasi siswa dapat melakukan praktek nyata bagaimana sebuah proses bisnis berjalan di lingkungan industri.

Pembelajaran ini membutuhkan kerjasama tim dalam jumlah yang cukup besar (8 siswa) dan pembagian kerja yang sangat terstruktur jelas. Struktur tersebut dijabarkan dalam bentuk role-play dimana tiap tim memiliki 2 orang bertindak sebagai akuntan, 2 orang desainer, 2 orang marketing, dan 2 bisnis manager.  

Salah satu hasil dari pembelajaran tersebut bisa dilihat dengan klik link ERP ini lalu klik menu HOME