Saturday, October 12, 2019

Review Rumah Belajar

Hai teman-teman kali ini saya ingin berbagi tentang Rumah Belajar. Rumah belajar adalah satu salah satu media belajar yang dibuat oleh Pustekkom untuk bisa dijadikan sebagai media belajar semua orang. Rumah belajar dapat diakses pada laman http://rumah belajar.id ada banyak sekali konten pembelajaran baik buku maupun video yang dapat kita akses.



Pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah satu konten yang berjudul "Edmodo social learning platform blended learning class in higher education" penelitian ini dibuat oleh Ibu Finita Dewi dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Review ini saya buat sebagai salah satu tugas dalam Pelatihan Instruktur VCT Jabar.

Baiklah apa yang dipaparkan oleh ibu Finita dalam artikel kali ini, beliau memaparkan bahwa jejaring sosial internet menawarkan banyak fasilitas baru dan luar biasa sebagai salah satu cara komunikasi antar manusia. Banyak komunitas online dibangun untuk memfasilitasi orang berbagi ide pengalaman cerita dan lain-lain. Saat ini ada gagasan jejaring sosial dapat diberdayakan untuk bidang pendidikan.

Guru dan siswa mulai menggunakan media sosial untuk memfasilitasi proses belajar mengajar, salah satu jejaring sosial yang banyak digunakan untuk tujuan pendidikan ini adalah Edmodo.

Dalam kasus ini Edmodo digunakan sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa jurusan non bahasa Inggris di Universitas Pendidikan Indonesia. Studi ini melihat bagaimana persepsi siswa terhadap pemanfaatan Edmodo pada proses pembelajaran mereka. Edmodo digunakan sebagai platform pembelajaran di mana dia memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa baik secara langsung maupun secara online menggunakan model blended learning.

Guru menggabungkan beberapa kegiatan praktis di kelas dengan kegiatan yang diperluas dalam dunia maya 40 siswa terlibat dalam penelitian ini secara umum mereka diminta untuk memberikan pendapatnya mengenai penggunaan Edmodo. Dalam proses pembelajaran mereka, siswa-siswa ini juga diobservasi untuk mengumpulkan data tentang penggunaan Edmodo sendiri hasilnya menunjukkan bahwa Siswa memiliki kesan positif terhadap penggunaan Edmodo dan merasa nyaman dan interaksi secara online dengan teman dan guru.

Dibawah ini adalah proses mereview Rumah belajar menggunakan Text-to-speech dan membacakan hasilnya dengan Speech-to-text yang disediakan oleh Google Translate